Senin, 28 November 2011

Merokok dapat menimbulkan kanker payudara




Merokok up - Kematian risiko akibat kanker payudara
Washington: Sebuah studi baru mengungkapkan wanita yang merokok atau memiliki riwayat merokok berada pada risiko 39 persen lebih tinggi dari kematian akibat kanker payudara. Meskipun merokok terkait dengan kanker paru-paru dankanker lainnya terlibat dalam beberapa, tidak jelas apa yang merokok berpengaruh pada kanker payudara, kata Dejana Braithwaite dari University of California.

"Secara khusus, tidak jelas bagaimana wanita hidup lama diagnosis kanker payudara berikut dan apakah merokok meningkatkan risiko kematian karenaperkembangan kanker payudara atau apakah ada hubungan antara merokok danharapan hidup setelah diagnosis kanker payudara yang bekerja melaluimempengaruhi kanker payudara non-penyebab kematian, "katanya. Braithwaite dan rekan mendaftarkan 2.265 multi-etnis wanita didiagnosa menderita kankerpayudara antara tahun 1997 dan 2000. Peneliti memeriksa apakah merokokterkena kematian dari kanker payudara, penyebab kanker payudara non-terkait dankematian dari semua penyebab.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 164 kematian akibat kanker payudara dan  120 kematian akibat kanker payudara non-penyebab terjadi selama masa tindak lanjut.Wanita yang perokok saat ini atau masa lalu dan juga memiliki subtipe tumor HER2-negatif memiliki 61 persen peningkatan risiko kematian kanker payudaradibandingkan dengan mereka yang tidak pernah merokok. "Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa hal itu penting bagi dokter untuk meningkatkan upaya penghentian merokok, khususnya di kalangan perempuan yang baru didiagnosa dengan kankerpayudara, dalam rangka meningkatkan hasil kanker payudara spesifik dan hasil kesehatan secara keseluruhan," kata Braithwaite. Penemuan ini dipresentasikan pada AACR Frontiers di Cancer Kesembilan Tahunan Penelitian PencegahanConference.Source (ANI)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes